Cair Rp900 Ribu Bulan Ini Juli 2023: Bantuan BLT Dana Desa dan Program Bantuan Sosial Lainnya.

BLT Dana Desa dengan 3 BLT Lainnya Cair pada Bulan Ini

Ada kabar gembira mengenai pencairan BLT Dana Desa.

Cair Rp900 Ribu Bulan Ini Juli 2023: Bantuan BLT Dana Desa dan Program Bantuan Sosial Lainnya.
Cair Rp900 Ribu Bulan Ini Juli 2023: Bantuan BLT Dana Desa dan Program Bantuan Sosial Lainnya.


BLT Dana Desa. Informasi menyebutkan bahwa BLT Dana Desa akan dicairkan pada bulan Juli 2023.

Program bantuan sosial ini ditujukan bagi masyarakat desa yang berada dalam kategori miskin ekstrem.

Targetnya adalah mencapai 8,8 juta KPM di seluruh Indonesia.

Selain BLT Dana Desa, terdapat juga 3 program bantuan sosial lainnya, yaitu Program Indonesia Pintar (PIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Ketiga program tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan terhadap dampak pandemi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara mendapatkan BLT Dana Desa dan 3 BLT lainnya, silakan simak ulasan berikut.


BLT Dana Desa

BLT Dana Desa merupakan bantuan sosial yang bersumber dari dana desa yang sebagiannya dialokasikan untuk membantu masyarakat desa yang berada dalam kondisi miskin ekstrem.

Bantuan ini diberikan kepada KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau data kemiskinan desa.

Besaran bantuan yang diberikan adalah Rp900 ribu per KPM per bulan selama 3 bulan.

Penyalurannya dilakukan melalui rekening bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk oleh pemerintah desa.

Penerima BLT Dana Desa harus memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah desa.

Jadwal Pencairan 4 Bansos dan BLT Juli 2023: BLT Dana Desa, KIP PIP Kemdikbud, PKH, dan BPNT

3 BLT Lainnya yang Cair pada Juli 2023

Bantuan BLT Dana Desa juga diberikan kepada KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau data kemiskinan desa.

Besaran bantuannya adalah Rp900 ribu per KPM per bulan selama 3 bulan.

Penyalurannya dilakukan melalui rekening bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk oleh pemerintah desa.

Penerima BLT Dana Desa harus memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah desa.

3 Program Bantuan Lainnya yang Cair pada Juli 2023

Selain BLT Dana Desa, pemerintah juga telah menyalurkan 3 program bantuan sosial lainnya, yaitu PIP, PKH, dan BPNT. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ketiga program tersebut:

  • PIP merupakan bantuan sosial yang diberikan kepada siswa dari keluarga miskin atau rentan untuk membantu biaya pendidikan mereka. Besaran bantuan yang diberikan bervariasi tergantung pada jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/MA/SMK. Penyalurannya dilakukan melalui rekening bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
  • PKH adalah bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga miskin atau rentan yang memiliki anggota keluarga seperti ibu hamil/menyusui, balita, anak sekolah, penyandang disabilitas, atau lansia. Besaran bantuan yang diberikan beragam tergantung pada kategori penerima. Penyalurannya dilakukan melalui rekening bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial.
  • BPNT adalah bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga miskin atau rentan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan. Besaran bantuan yang diberikan adalah Rp200 ribu per KPM per bulan dan dapat ditukarkan dengan beras, telur, dan/atau susu di e-warung yang bekerja sama dengan Bulog. Penyalurannya dilakukan melalui kartu keluarga sejahtera (KKS) atau kartu sembako yang dapat digunakan di mesin EDC di e-warung.

Cara Memeriksa Penerimaan BLT

Untuk mengecek apakah Anda termasuk dalam penerima BLT Dana Desa atau 3 program bantuan sosial lainnya, Anda dapat mengunjungi link berikut: https://cekblt.kemensos.go.id/.

Pada halaman tersebut, Anda perlu memasukkan nomor NIK dan nomor KK untuk melihat status penerimaan Anda.

Anda juga dapat menghubungi kantor desa, dinas sosial, atau lembaga keuangan terkait untuk informasi lebih lanjut.

Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP, KK, buku rekening, atau kartu bantuan sosial lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai BLT Dana Desa dan 3 program bantuan sosial lainnya yang akan dicairkan pada bulan Juli 2023. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post